Ronaldo Pemain Terbaik Kualifikasi Grup Euro 2012

Cristiano Ronaldo (Portugal). (UEFA)
Kendati menjadi cemoohan dan dilecehkan akhir-akhir ini, Cristiano Ronaldo ternyata menjadi pemain terbaik di Euro 2012 hingga kualifikasi grup berakhir.

Gelandang sekaligus kapten Portugal ini memimpin daftar resmi dari indeks Castrol EDGE yang bekerja sama dengan UEFA serta FIFA.

Sistem ini menggunakan formula matematika yang mengevaluasi aneka performa pemain dalam hubungan dengan aksi individual seperti assist atau mencegah terjadinya gol. Sistem ini juga menghitung kekuatan dari lawan yang dihadapi serta waktu pertandingan.

Ronaldo berhasil mengumpulkan angka 9,75 atau yang tertinggi di Euro 2012 hingga penyisihan grup berakhir. Setelah sebelumnya berada di urutan 12 setelah laga kedua grup, gelandang berumur 27 itu langsung meloncat 11 peringkat menyusul keberhasilannya mencetak dua gol ke gawang Belanda di laga terakhir.

Menariknya dari 10 pemain terbaik di kualifikasi grup, 4 pemain di dalamnya sudah tersingkir dari Euro 2012. Mereka adalah Alan Dzagoev (Rusia), Olof Mellberg dan Zlatan Ibrahimovic (Swedia) serta Nicklas Bendtner (Denmark).

Sementara itu Spanyol menjadi tim yang paling banyak memiliki pemain yang tampil baik berdasarkan indeks Castrol EDGE ini dengan catatan tiga pemain di dalamnya.

Yang mengejutkan ternyata dari delapan tim yang berlaga di perempatfinal, empat tim sama sekali tak masuk dalam pemain yang tampil bagus di penyisihan grup. Bahkan tim favorit juara Jerman sama sekali tak memasukkan pemainnya dalam indeks ini begitu pula dengan Prancis, Inggris serta Yunani.

10 Pemain Terbaik Kualifikasi Grup:
1. Cristiano Ronaldo    9,68
2. David Silva             9,60
3. Alan Dzagoev         9,53
4. Olof Mellberg          9,47
5. Claudio Marchisio    9,42
6. Andres Iniesta         9,37
7. Nicklas Bendtner     9,32
8. Alvaro Arbeloa         9,28
9. Zlatan Ibrahimovic    9,23
10.Vaclav Pilar             9,19
Previous
Next Post »

Komentarmu sangat berharga buat kami. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment